Spyware adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada salah satu bentuk perangkat lunak mencurigakan (perangkat lunak hasad) yang menginstalasikan dirinya sendiri ke dalam sebuah sistem untuk mencuri data pengguna.
Spyware merupakan turunan dari perangkat lunak beriklan, yang memantau kebiasaan pengguna dalam melakukan penjelajahan Internet untuk mendatangkan “segudang iklan” kepada pengguna. Tetapi, karena perangkat lunak beriklan kurang begitu berbahaya (tidak melakukan pencurian data), spyware melakukannya dan mengirimkan hasil yang ia kumpulkan kepada pembuatnya (perangkat lunak beriklan umumnya hanya mengirimkan data kepada perusahaan marketing).

Kerugian yang diakibatkan:
Pencurian Data

Kebanyakan informasi yang diambil tanpa seizin adalah kebiasaan pengguna dalam menjelajahi Internet, tapi banyak juga yang mencuri data-data pribadi, seperti halnya alamat surat elektronik (untuk dikirimi banyak Surat elektronik sampah atau dapat dikenal dengan spam).

Tambahan Biaya Pemakaian Internet

Yang merugikan dari keberadaan spyware, selain banyaknya iklan yang mengganggu adalah pemborosan bandwidth dan privasi yang telah terampas.

Pada dasarnya, spyware tersebut diiringi dengan PopUp Windows, yang tentunya selain memakan lebar pita lebih banyak, juga membuat loading Internet anda semakin lambat.

Cara Pencegahannya:
Mengistal antivirus

Dengan menginstal antivirus kita dapat menangkat program-program komputer yang tidak kita hendaki.

Memutakhirkan antivirus

Pemutakhiran antivirus sangatlah penting untuk memutakhirkan data antivirus tersebut.

Menampilkan berkas tersembunyi (di komputer)

Dengan menampilkan berkas tersembunyi, kita dapat mengetahui berkas yang menucigakan.

Progam Pemburu Perangkat Lunak Beriklan dan Spyware

Dengan menggunakan perangkat lunak pemburu anda dapat menangkal adware dan spyware

Mematikan Cookie